Selasa, 09 Juli 2013

10511315 Dani Ramdani 7-ZIP

7-ZIP adalah open source ( bisa digunakan untuk apa saja tanpa harus membeli dari pihak pembuat software ) pengarsipan atau kompresi file, yang menawarkan rasio kompresi tertinggi, menggunakan format 7z yang baru. 7-ZIP memberikan hasil kompresi yang biasanya 30-50% lebih baik dari ZIP standar.
7-ZIP dapat digunakan baik melalui antarmuka grafis, baris perintah, maupun integrasi shell Microsoft Windows. 7-ZIP pertama kali dirilis pada tahun 1999 dan masih dikembangkan secara aktif oleh Igor Pavlov. 7-ZIP merupakan perangkat lunak bebas yang didistribusikan dibawah lisensi LGPL. 7-ZIP mendukung 7z, ZIP, CAB, RAR, ARJ, GZIP, bzip2, TAR, cpio, RPM dan DEB format, sehingga dapat digunakan dengan semua file arsip populer. Penggunaannya juga cukup mudah, sama dengan aplikasi kompresi file yang lain. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan windows explorer sehingga anda tidak perlu lagi membuka program secara manual jika ingin membuka aplikasi ini. Cukup dengan klik kanan dan lakukan semuanya dengan mudah. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengekstrak file ISO yang merupakan file standard dari file burning. Anda bisa membaca isi file ISO tanpa harus melakukan burning terlebih dahulu ke kepingan CD atau DVD.

Kelebihan :

  • Mendukung kompresi/de-kompresi untuk format : 7z,ZIP, GZIP, BZIP2, dan TAR.
  • Mendukung de-kompresi untuk format : ARJ, CAB, CHM, CPIO, DEB, DMG, HFS,ISO, LZH, LZMA, MSI, NSIS, RAR, RPM, UDF, WIM, XAR dan Z.
  • Kompresi pada format 7z lebih tinggi dibanding rata-rata sofware kompresi lain, mungkin karena sudah menggunakan metode LZMA. Bahkan rasio-kompresi untuk format ZIP/GZIP bisa 2-10% lebih tinggi dibanding PKZip maupun WinZip.
  • Metode enkripsi yang lebih kuat dengan AES-256.
  • Mampu juga membuat self-extracting pada format 7z.
  • Mampu menggabungkan kembali file HJSplit.
  • User interface ( file manager ) yang sangat fungsional.
  • Praktis, terintegrasikan dengan windows-shell.
  • Bekerja sangat cepat karena tidak membebani resource komputer.
  • Support command line ( dos/msdos ).

Kekurangan :

Satu hal yang kurang, ( dan bisa ditemukan pada software yang lain ) 7-ZIP tidak bisa digunakan untuk membuat file yang menjadi default dari program lain ( Sebagai contoh, 7-ZIP tidak bisa digunakan untuk membuat file RAR seperti yang dihasilkan oleh WinRar dan itu juga berlaku sebaliknya ).

Pendapat Tentang 7-ZIP :

Software 7-ZIP sangat membantu untuk mengompres file yang besar menjadi sangat kecil sehingga tidak terlalu menghabiskan kapasitas hardisk. Beberapa perbandungan pengompresan menggunakan WinZip, WinRar dan 7-ZIP ini menggunakan beberapa jenis file.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Cara Install 7-Zip dan Menggunakannya
-----------------------------------------------------------
1.  Dobel klik pada icon 7 Zip Portable yang sudah didownload. Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:


2. Klik next maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:

3. Kamu bisa klik browse dan memilih tempat penyimpan hasil install software ini. Seperti  yang terlihat di atas, saya menaruhnya di local disk D dalam folder Portable Apps. Setelah sudah memilih tempat, maka klik install.

4. Setelah proses instalasi selesai, klik finish.

5. Hasil instalasi itu bisa langsung digunakan atau juga bisa dipindahkan ke flashdisk dengan cara mengcopy-pasti seluruh hasil instalasi.


Cara menggunakan 7 Zip Portable:

1. Dobel klik pada icon 7 Zip Portable hasil instalasi seperti yang terlihat di bawah ini.


2.Maka muncul gambar seperti di bawah ini, maka double klik computer.


3. Misalkan file rar atau zip yang mau diextract ada di local disk D, maka dobel klik pada disk D.

4. Kemudian cari file dan klik file rar itu, lalu klik extract yang ada di sebelah atas.


5.Setelah itu kamu bisa memilih hendak ditaruh di mana hasil extract, jika sudah, maka kilk ok.


Ket: 01. Klik button itu untuk memilih tempat penyimpanan hasil extract.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar